Jumat, 08 Februari 2013

Sponge Cake dengan Selai/Jam




Bahan:
Putih telur                              5 butir
Kuning telur                            8 butir
Tepung terigu                         50 gr, ayak
Ovalet                                     ½ sdt
Susu bubuk                             5 gr
Tepung maizena                     5 gr
Gula halus                              100 gr
Margarine                               100 gr, cairkan
Selai/jam                                40 gr, untuk olesan

Cara membuat:
1.     Campurkan tepung terigu, susu, tepung maizena, aduk sampai rata. Sisihkan.
2.     Kocok telur dan gula halus sampai setengah mengembang. Tambahkan ovalet, sambil terus di kocok hingga mengembang (berwarna putih kental).
3.     Masukkan campuran tepung, aduk secara melipat menggunakan spatula.
4.     Masukkan margarine cair, sedikit-sedikit, sambil diaduk secara melipat dengan spatula.
5.     Tuang adonan kedalam loyang persegi rendah (30x30x2) yang telah diolesi dengan margarin dan dialasi dengan kertas roti.
6.     Bakar dalam oven  dengan suhhu 160oC,  kurang lebih 30 menit hingga matang (berwarna golden brown).
7.     Keluarkan dari oven. Lakukan make up sebelum disajikan:  
      a. Potong cake menjadi dua bagian. Satu bagian diolesi dengan selai/jam, satu bagian lainnya ditumpukkan diatasnya dengan sedikit memberi tekanan agar melekat rapat. Potong-potong dengan ukuran kecil sebelum dihidangkan. atau,
     b. Satu bagian penuh cake diolesi dengan selai/jam, kemudian digulung (roll) kemudian potong melintang, setebal 1 cm.

Tips:
1.     Cara mengetahui jika adonan sudah mengembang baik: celupkan telunjuk tangan kedalam adonan dan angkat menghadap ke atas. Jika adonan yang menempel jatuh/turun, tandanya adonan belum mengembang total. Jika adonan yang menempel tetap  pada posisinya menghadap atas mengikuti arah telunjuk tangan, artinya adonan sudah mengembang baik.
2.     Saat mengolesi loyang, olesi loyang pada bagian dalam siku,  tengah, dan pinggirnya dahulu. Kemudian beri alas dengan kertas roti, olesi lagi bagian pinggir dalam loyang.
3.     Agar sponge cake mengembang baik saat pembakaran, jangan buka tutup pintu oven. Karena akan mengubah suhu dalam oven, sehingga adonan tidak akan mengembang dengan baik. Usahakan suhu saat pembakaran tetap stabil.
4.     Cara melihat kematangan cake: tusuk dengan kayu penusuk (misal: tusuk sate), pegang bekas tusukan pada penusuk. Jika terasa lembab dan ada adonan yang menempel, artinya belum matang/tanak. Jika ditusukan terasa kering, artinya cake sudah matang.
5.     Setelah matang, keluarkan sponge cake dari loyang dalam keadaan hangat. Ketika memotong diusahakan cake dalam keadaan dingin, jika masih panas dilakukan pemotongan akan menyebabkan struktur sponge rusak.
6.     Untuk mendapatkan potongan cake yang rapih, gunakan pisau cake (bergerigi) untuk memotong. Cara menggunakannya seperti menggunakan gergaji, yaitu digesek sambil ditekan maju mundur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar